LPM Kinday

Kabar Kampus Universitas Lambung Mangkurat

Polemik di tengah Pemiluma ULM Tahun 2022

Di tengah-tengah perhitungan suara Pemiluma ULM 2022, pihak Tim Pemenangan Paslon 01, menyatakan bahwa pihaknya kecewa terhadap KPU-M ULM selaku penyelenggara. Kekecewaannya tersebut berkaitan dengan hasil rekapitulasi sementara ke IV yang diagendakan paling lambat jam 20.00. Namun, hingga saat wawancara ini dilakukan, yaitu pada jam 23.15, hasil rekapitulasi ke IV tersebut belum rilis atau belum dipublikasikan.

“Disini ada keterlambatan sampai 4 jam lebih, disini kami menuntut itu kepada kawan-kawan pihak penyelenggara” ucap tim pemenangan tersebut saat wawancara.

Selanjutnya, ia juga menyatakan bahwa pihak narahubung KPU-M ULM, sejak awal kontestasi ini berjalan memang sulit dihubungi. Tim pemenangan juga selalu melakukan konfirmasi melalui WhatsApp. Namun, tetap belum ada tanggapan hingga 4 jam lewat. Akhirnya, pihaknya mengambil sikap untuk turun langsung dan menanyakan kepada pihak penyelenggara.

“Namun tanggapannya ya tadi, mereka berdalih ini tidak bisa kami rilis, sedangkan kenapa hasil rekapitulasi I-III itu bisa. Kenapa yang keempat tidak bisa, sedangkan ini menjadi hal yang fundamental bagi kami beserta kawan-kawan mahasiswa lainnya, karena ini adalah informasi yang seharusnya bisa dikonsumsi oleh kawan-kawan mahasiswa.” Lanjutnya.

Selain itu, pihaknya juga menerangkan bahwa mereka telah dua kali mendatangi pihak penyelenggara. “Yang pertama tadi jawabannya ya masih ngambang, ini tidak bisa kami publish karena kendalanya di super admin. Nah, kami datang yang kedua, kami menuntut hak, rekapitulasi sementara yang keempat dan ternyata jawaban mereka, ada hal yang menjadi kebingungan daripada kawan-kawan penyelenggara hari ini”.

Melanjutkan pernyataan tersebut, pihak tim pemenangan 01 angkat bicara, “Perihal terkait rekapitulasi itu mengapa tidak rilis mulai tadi, kawan-kawan penyelenggara bilangnya rekapitulasi ini bakal digabung dengan rekapitulasi akhir menyelesaikan seluruh fakultas. Sedangkan yang menjadi pertanyaan hari ini, rekapitulasi IV itu apa bedanya dengan rekapitulasi akhir, ketika rekapitulasi itu digabung dengan rekapitulasi akhir. Sedangkan rekapitulasi suara ke IV ini menjadi patokan suara yang berkembang sampai saat ini”.

Berkenaan dengan hal tersebut, tim pemenangan dari pihak 02 juga melayangkan protes kepada pihak penyelenggara. Isi protes yang mereka sampaikan juga serupa dengan apa yang disampaikan oleh tim pemenangan 01 mengenai tidak konsistennya penyelenggara terhadap waktu untuk menampilkan hasil rekapitulasi suara ke IV.

Hingga saat berita ini diturunkan, hasil verifikasi IV belum diunggah oleh pihak penyelenggara.

– A. S