LPM Kinday

Kabar Kampus Universitas Lambung Mangkurat

FH BANGKITKAN JIWA PEDULI LINGKUNGAN

Oleh : Bahriannor, Hanafi, dan Rabibah


      Kamis, (25/2) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum (BEM FH) mengadakan seminar dan kompetisi nasional bertajuk Law Festival Of Lambung Mangkurat V dengan tema Selaraskan Penegakan Hukum Lingkungan Demi Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat dan Sejahtera di Aula Rektorat Universitas Lambung Mangkurat (ULM) lantai 1 pukul 13.00 – 17.00 WITA.
Seminar  dan kompetisi nasional ini bertujuan untuk membangkitkan jiwa intelektual muda yang ada di kampus ini serta menambah budaya atmosfer akademik yang ada di Kalimantan.

”Alhamdulillah ini pertama kali di Kalimantan melaksanakan kompetisi nasional, biasanya  daerah Jawa yang melakukannya, jadi kami terinspirasi dari mereka  dan membangkitkan jiwa intelektual muda yg ada di kampus ini,” ujar M. Heri Muliadi selaku ketua pelaksana kegiatan saat menjelaskan tujuan dari acara ini.
Kegiatan ini diikuti oleh 14 delegasi dari berbagai Fakultas Hukum di Indonesia yaitu Universitas Widya Dama, Universitas Mulawarman, Universitas Hasanudin, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Indonesia Timur, Universitas Islam Indonesia Jogjakarta. IAIN, Universitas Palangkaraya, Universitas Gajah Mada, Universitas Esa Unggul, Universitas Islam Negeri Sumatera Selatan, Universitas Sriwijaya dan Universitas Pancasila.
Sasaran kegiatan seminar ini adalah para mahasiswa yang ada di ULM itu sendiri dengan harapan agar bisa menjadi orang yang lebih peduli dengan lingkungan dan menegakkan hukum lingkungan dimana pun mereka berada.
”Manfaatnya mengikuti seminar ini adalah menjaga rekan kita agar peduli dengan lingkungan dan mengkritisi instrumen pengaturan hukum yaang ada di indonesia, maupun internasional, “  tambah  M.Heri Muliadi ketika ditanya terkait manfaat seminar ini.
     
M.Heri Muliadi juga mengatakan harapannya terkait adanya pembangunan yang berkesinambungan sesuai tema demi terwujudnya Indonesia dan pelanggaran hukum bisa diadili seadil-adilnya.
Menurut peserta, kegiatan seperti ini bagus dan bermanfaat untuk membuat mahasiswa lebih mencintai dan menjaga lingkungan. Selain itu kegiatan ini bisa menjadi alat silaturahmi antar sesama universitas.
” Harapan kedepannya, sering-seringlah ULM mengadakan acara seperti ini”, ujar Mahrita,  mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi angkatan  2014.