LPM Kinday

Kabar Kampus Universitas Lambung Mangkurat

Partisipasi Mahasiswa Pasca Meletusnya Gunung Kelud

Oleh: Dahlia.


            Kumpulan Mahasiswa Pencinta Alam Banjarmasin atau bisa disebut BALAPAK mengadakan aksi penggalangan dana untuk korban letusan gunung Kelud yang terjadi pada Kamis malam (13/2). Mahasiswa-mahasiswa tersebut terlihat sangat antusias dalam mengadakan pengumpulan dana di jalan dekat gerbang kampus Unlam Banjarmasin.


            Laras mahasiswi baru yang tergabung dalam Mapala UNISKA yang juga termasuk dalam Perkumpulan Mahasiswa Pencinta Alam Banjarmasin (Balapak) turut antusias dalam aksi penggalangan dana yang diajak seniornya.


“Kami ini dari BALAPAK. BALAPAK itu adalah Perkumpulan mahasiswa pencinta alam di Banjarmasin. Balapak sendiri terdiri dari perwakilan Mapala-Mapala seBanjarmasin. Kalau di Unlam Mapalanya ada yang dari Fakultas Hukum, Mapala Fakultas Ekonomi, Mapala Fisip, dan Mapala Fkip. Selain itu dari Perguruan Tinggi yang lain juga ada seperti STEIIndonesia dan IAN Antasari,” kata Laras salah satu anggota Balapak yang sedang mengikuti aksi penggalangan dana di jalan.


            Kegiatan tersebut berlangsung tiga hari yaitu Jum’at, sabtu dan Minggu, dimulainya dari jam 15.30-1730 WITA pasca meletusnya gunung kelud pada Kamis malam lalu. Terlihat penghasilan perhari yang ditulis di papan tulis yang terpampang saat aksi berlangsung perharinya mencapai sekitar lima juta lebih.


            “Saya nonton berita tadi pagi (Minggu, 16/2) katanya asap debu vulkaniknya sudah berkurang, dan Alhamdulillah di sana juga banyak relawan, sehingga konsumsinya terpenuhi saja,” kata Laras.


            Laras juga menambahkan penggalangan dana kali ini penghasilannya kurang. Kalau yang bencana banjir di Banjarbaru kemarin dana yang tekumpul mencapai sekitar tiga puluh juta. Hal ini dikarenakan lokasi penggalangan dana kali ini hanya dilakukan di satu tempat yaitu disepanjang jalanraya depan gerbang Unlam Banjarmasin. Setelah dananya semuanya terkumpul dalam tiga hari akan ada relawan perwakilan dari Balapak yang berangkat kesana untuk memberikan dananya langsung.


            “Kegiatan ini kami adakan sebagai bentuk solidaritas kami sebagai mahasiswa yang peduli dengan sesama dan lingkungan. Kami berharap dengan dana yang kami berikan dapat sedikit membantu untuk korban yang ada disana,” tukasnya.